Kamis, 04 Agustus 2011

KUNJUGAN (BELAJAR) Tim ACCESS

Di awal Agustus 2011, tepatnya tanggal 2 Agustus 2011, LSM InCreaSe didatangi oleh Tim ACCESS. Tim ini terdiri dari Koordinator Program Access Phase II Wilayah Timor, Access Bali, Koordinator Provinsi Access Phase II Wilayah Mataram, dan Koordinator Provinsi Program Access Phase II wilayah Sumba. Kunjungan ini didasari atas keingintahuan ACCES terhadap program “Desa Sehat Berbasis Masyarakat” yang dikembangkan oleh InCreaSe di 10 desa di Kabupaten Kupang. “Kami datang ingin menimba atau belajar dari InCreaSe berkaitan dengan program Desa Sehat Berbasis Masyarakat atau “Desa Siaga” yang telah berkembang di beberapa desa di Kabupaten Kupang ini”, tegas ibu Nehik dari ACCESS Bali.

Pertemuan berlangsung di teras belajar InCreaSe yang dipimpin langsung oleh Saudara Siprianus Damai Nar selaku Direktur InCreaSe Kupang. Saudara Sipri menjelaskan dengan sangat baik berkaitan dengan program “Desa Siaga” yang mempunyai sasaran untuk membangun kesehatan warga desa di atas kekuatan mereka sendiri. Artinya pembentukan “Desa Siaga” ini diprakarsai dari, oleh, dan untuk masyarakat desa itu sendiri. “Agar masyarakat mengetahui perlunya membangun sistem siaga yang berbasis pada kekuatan masyarakat sendiri khususnya kesehatan ibu dan anak”, tegas Direktur InCreaSe ini.

Setelah pembahasan materi “Desa Siaga”, peserta dari ACCES, yang berjumlah empat orang, diberi kesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang perlu ditegaskan lagi. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh peserta ACCES untuk mengali lebih dalam mengenai program “Desa Siaga” yang berlandaskan pada kerangka berpikir Participatory Learning and Action.

Di akhir pertemuan ini, peserta mendapat snack berupa Keripik Pisang dari Nekamese. Sekedar informasi (sekaligus promosi, aaaaa!!!), Kripik Pisang ini ádalah hasil produksi anak-anak di Sekolah Lapangan Nekamese. Sekolah Lapangan ini merupakan salah satu divisi kegiatan INCREASE dalam bidang pendidikan.

3 komentar:

  1. penampakan wajah selalu mengugah hati untuk peduli dan terlibat. Inilah moment moral yang paling digeluti oleh INCREASE. maju bro/bri, aaaaaaa

    BalasHapus
  2. Sekolah lapangan nekamese punya kripik pisang,labu,dan pepaya yang diolah tanpa campuran bahan pemanis, bagi yang berminat silahkan kunjungi sekolah lapangan nekamese di desa oemasi, selain kripik ada peternakan kambing etawa, sapi perah juga ada permainan out bon, flaying fox, sepeda, ATV, maupun lahan pertanian

    BalasHapus
  3. Kaka, berapa harga kripiknya? Kasih ketong di kantor INCREASE do,,,,

    BalasHapus