Sabtu, 07 Mei 2011

Sekolah Lapangan Nekamese

Satu terobosan baru dalam Konsep Pembangunan Bangsa yang pembangunan Berbasis Kampung. Yang dimaksudkan dari perspektif ini adalah menemukan dan mengangkat karakteristik kampung sebagai kekuatan kampung dalam menghadapi tangtangan globalisasi.

Sekolah Lapangan Nekamese sebagai salah satu media dalam mewujudkan cita-cita Bangun Kampung Bangun Indonesia. Pencetus sekolah ini adalah Bapak Fary Dj Francis (Anggota DPR RI dari frkasi Gerindera). Sekolah ini sebagai tempat belajar bagi warga desa dan kota tentang masalah pertanian, perkebunan, dan kehutanan di Desa Oemasi, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekolah ini telah dicanangkan oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini pada Selasa, 12 April 2011. Pada kesempatan ini Menteri PDT berharap dari sinilah awal tumbuhnya pemimpin besar Indonesia yang berkarakter Indonesia.

Sekolah Lapangan Nekamese bukan berbentuk sekolah konvensional. Di lokasi itu antara lain telah dibangun tempat khusus untuk peternakan kambing, sapi, babi, dan ayam, serta budidaya tanaman pertanian dan perkebunan. Nantinya, warga desa dan kota boleh belajar mengenai teknik budidaya tanaman tersebut, termasuk teknik budidaya ternak.

Pembangunan sekolah lapangan ini dilatarbelakangi oleh makin tingginya kesenjangan antara penduduk di desa dan di kota. Karena itu, sekolah ini menjadi media belajar bersama antara desa dan kota. Orang-orang dari kota bisa belajar mengenai berbagi keunggulan di kampung, sebaliknya, orang kampung bisa mendapat pembelajaran dari penduduk di kota. "Ini semacam pendidikan penyetaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar